Rabu, 11 April 2012

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERKEMBANGAN IPTEK



Sejak duduk di bangku sekolah dasar, istilah Iptek yang merupakan kependekan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sudah sering kita dengar. Ya, Iptek memang merupakan faktor yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Awalnya, ilmu pengetahuantersebut muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk mencukupi segala keperluan hidup manusia.
Dengan adanya Iptek, semua kebutuhan rohani dan jasmani manusia dapat tercukupi dengan baik. Hal itulah yang mengakibatkan Iptek tidak dapat dilepaskan dari lembaga pendidikan. Seperti pada abad XX, Iptek memiliki peran yang sangat penting bagi instansi pendidikan.Tidak heran jika perkembangan dunia industri, informasi, komunikasi, pertanian dan transportasi pada abad XX berlangsung lebih cepat.
Namun, perkembangan Iptek di Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lain, seperti Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan, di kawasan Asia pun perkembangan Iptek bangsa kita masih kalah oleh Cina dan Jepang.

Penyebab Tertinggalnya Perkembangan Iptek di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan, dalam urusan Iptek, posisi Indonesia memang sangat memprihatinkan dibanding negara maju lain. Perkembangan Iptek di Indonesia terkesan sangat lambat sehingga semakin jauh tertinggal oleh Eropa dan Amerika.
Lambatnya perkembangan Iptek di Indonesia disebabkan oleh beberapafaktor berikut.
  • Di Indonesia, jumlah orang yang mendapat pendidikan tinggi Barat masih sangat terbatas.
  • Keinginan pemerintah maupun perusahaan swasta di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi sangat minim.
  • Tidak ditemukan sebuah inovasi berarti di bidang teknologi dalam masyarakat Indonesia. 
Namun, Indonesia sudah menunjukkan geliat perkembangan Iptek dengan adanya perguruan tinggi dan beberapa pusat penelitian, misalnya Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
Fakta memprihatinkan tersebut tentu saja bukan dipandang berdasarkan prestasi beberapa bidang Iptek yang telah berhasil diraih Indonesia, melainkan tidak adanya perbandingan lurus antara perkembangan Iptek dengan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Positif Perkembangan Iptek

Setiap perkembangan ilmu pengetahuan tentu memberikan nilai-nilai atau pengaruh positif bagi kehidupan manusia. Berikut ini merupakan beberapa dampak positif yang timbul dari perkembangan Iptek.

1. Dampak Positif Perkembangan Iptek – Memberikan Berbagai Kemudahan

Seperti yang dapat kita rasakan kini, perkembangan dan kemajuan Iptek dapat memberikan berbagai kemudahan. Penemuan-penemuan baru di bidang Iptek dapat membantu mempermudah segala aktivitas manusia. Terlebih, aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan telekomunikasi dan perindustrian.
Di bidang telekomunikasi, Iptek telah memberikan dampak luar biasa sehingga manusia lebih mudah berkomunikasi, bahkan dari jarak jauh. Kini, komunikasi tidak harus selalu dilakukan dengan bertemu muka. Melalui telepon seluler maupun sebuah layar komputer, manusia bisa saling berbincang dan saling memandang.
Perkembangan Iptek pun telah memudahkan kegiatan perindustrian dengan penemuan berbagai alat atau mesin canggih. Dengan penggunaan mesin tersebut, proses kerja akan semakin cepat sehingga mampu memproduksi barang dalam jumlah banyak setiap harinya. Dengan bantuan mesin, kerja karyawan pun menjadi semakin ringan.
Perkembangan Iptek pun telah merambah dunia pertanian. Ya, kini, para petani tidak perlu lagi membajak sawah secara tradisional dengan bantuan kerbau. Iptek telah mampu menciptakan mesin pembajak sawah yang dapat meringankan aktivitas para petani sehingga dapat bekerja lebih cepat. Dengan demikian, penanaman padi pun bisa dilakukan secepat mungkin.

2. Dampak Positif Perkembangan Iptek – Mempermudah Penyebaran Informasi

Salah satu faktor penting untuk menunjang kemajuan manusia adalah informasi. Melalui informasi, masyarakat akan tumbuh menjadi orang-orang yang pandai dan tidak ketinggalan. Pentingya informasi bagi kehidupan telah mengakibatkan perkembangan berbagai media informasi, baik cetak maupun elektronik. Perkembangan informasi ini juga menjadi salah satu bagian dari Iptek itu sendiri.
Dengan adanya sumber informasi tersebut, mau tidak mau, masyarakat seolah dituntut untuk selalu mendapatkan berbagai informasi.Penyebaran informasi kini sudah semakin mudah. Bahkan, tinggal sekali klik, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang tengah berkembang di dunia. Hal ini tentu saja patut disyukuri mengingat lambat dan sulitnya penyebaran informasi praperkembangan Iptek.
Penyebaran informasi saat itu masih dilakukan secara tradisional melalui media surat maupun media lisan. Namun, perkembangan Iptektelah berhasil mengubah segalanya sehingga kita dapat memperoleh informasi dengan sangat cepat.

3. Dampak Positif Perkembangan Iptek – Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Kini, komputer sudah merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Padahal, perangkat ini sebelumnya merupakan peralatan tercanggih sehingga hanya dimiliki dan mampu dioperasikan oleh orang-orang tertentu.
Minimnya kepemilikan komputer saat itu disebabkan daya jualnya yang masih sangat tinggi.Akan tetapi, perkembangan Iptek telah mampu membalikkan keadaan. Kini, berbagai peralatan elektronik penunjang komunikasi dan informasi sudah kian menjamur. Komputer, internet dan handphone, sudah menjadi benda “wajib” pakai di masyarakat. Ketiganya seolah beroperasi secara sepaket.
Kepemilikan benda-benda canggih itu pun tidak hanya terbatas bagi orang-orang tertentu. Semua orang kini sudah mampu membeli dan menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umur pun sudah pandai mengoperasikan alat-alat ini. Harga benda-benda canggih itu pun sudah semakin terjangkau.
Dengan demikian, perkembangan Iptek telah memberikan pengaruhpositif untuk menambah wawasan serta pengetahuan masyarakat. Masyarakat yang pintar dan berwawasan luas diharapkan mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi.

Dampak Negatif Perkembangan Iptek

Selain memberikan beberapa manfaat positif, perkembangan Iptek ternyata tidak lepas dari berbagai dampak negatif. Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif perkembangan Iptek.

1. Dampak Negatif Perkembangan Iptek – Memengaruhi Pola Pikir

Masyarakat Indonesia termasuk kategori yang agresif dan memiliki rasa penasaran sangat tinggi. Masyarakat Indonesia pun sangat senang mengetahui hal-hal baru. Dengan adanya berbagai perubahan serta kemudahan dalam media elektronik, masyarakat seolah semakin dimanjakan untuk mengenal hal-hal baru. Kehadiran alat-alat elektronik juga bisa dikategorikan sebagai Iptek.
Sayangnya, perkembangan Iptek dalam hal ini telah mampu mengubah pola pikir masyarakat dewasa dan anak-anak. Masyarakat berpikir seolah semakin mudah mendapatkan berbagai hal secara ajaib. Terlebih, pikiran masyarakat setiap hari dijejali dengan aneka siaran televisi yang kurang berguna.

2. Dampak Negatif Perkembangan Iptek – Menghilangkan Budaya Tradisional

Perkembangan Iptek memang telah mendukung kemajuan berbagai sarana pembangunan. Kini, semakin banyak gedung yang berdiri megah, seperti berbagai pusat perbelanjaan dan perhotelan. Namun, hal itu secara langsung dapat menggerus budaya tradisional masyarakat Indonesia. Contohnya, kegiatan perdagangan yang dahulu dilakukan di pasar tradisional kini berpindah ke pasar modern.
Perkembangan Iptek dalam bidang pembangunan turut berdampak terhadap pergaulan anak-anak dan remaja. Akhirnya, banyak di antara mereka yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Salah satu faktor penyebabnya karena mereka memang merasa difasilitasi dengan tempat-tempat hiburan dan tempat nongkrong yang semakin menjamur.

3. Dampak Negatif Perkembangan Iptek – Menimbulkan Berbagai Kerusakan

Hal yang paling kita takutkan dari perkembangan Iptek adalah terjadinya berbagai kerusakan di muka bumi. Maraknya berbagai pembangunan gedung telah memusnahkan lahan perhutanan. Akibatnya, berbagai bencana datang seakan tak pernah habis. Bencana tanah longsor dan banjir sudah menjadi “tradisi” yang lekat dengan negeri ini.
Kemajuan Iptek di bidang transportasi pun tidak kalah merugikan yang berakibat pada kerusakan lingkungan hidup. Seiring ditemukannya berbagai sarana transportasi modern, kondisi lingkungan semakin sesak dengan polusi. Di kota-kota besar, bahkan sangat mustahil untuk bisa menghirup udara segar seperti dahulu.
Sungguh sangat ironis jika kondisi ini dikaitkan dengan Indonesia yang dikenal dengan kelestarian alam dan kekayaan sumber daya alamnya. Lantas, apa yang bisa diwariskan kepada anak cucu kita nanti? Haruskah mereka hidup dengan alam yang semakin rusak? Inilah pekerjaan rumah terbesar bagi kita semua. Bahwa perkembangan Iptek juga harus dibarengi dengan kesadaran akan pentingnya menjagalingkungan.
Itulah penjabaran mengenai dampak positif serta dampak negatif perkembangan Iptek bagi kehidupan manusia. Perkembangan Iptek memang sangat diperlukan untuk menunjang segala aspek kehidupan manusia. Namun, tidak sedikit pula dampak negatif yang timbul dari perkembangan Iptek.
Beri rating untuk artikel di atas





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar